Island Hopping @Derawan, Sangalaki, Maratua, Kakaban 25-28 October 2012

tarakan arrivalAkhirnya setelah menunggu sekian lama dan terjadi perombakan dan pergantian temen-temen perjalanan, hari yang ditunggu tunggu dari 3 bulan lalu datang juga 🙂 Photopackers goes to DERAWAN Island yeaayyyy

26 Okt

tim dibagi dua kubu karna perbedaan jam terbang. Jadi tuh kubu pertama kurang lebih 13orang naik penerbangan jam 5 subuh by LION air sedangkan saya beserta 17org lainnya 6pagi by mba sriii 🙂 oya plus 1 orang yang udah menunggu di Tarakan. Pagi itu semua berjalan lancar, pesawat ga ada delay, dan sampai di tujuan sesuai jadwal. Emang sempat transit di Balikpapan tapi itu juga ga lama lama amattt, malah kita lagi asik2 foto di bandara eh tiba2 pengumuman udah LAST CALL aja hahha sontak 17orang lari lari kocar kacirr dan pas naik pesawat diliatin seluruh penumpang wkwkwkwk. Sampai di Tarakan kurang lebih jam stgah12 siang dan sudah ditunggu sama tim pertama yang nguap2 krn menunggu kurang lebih hampir 2jam hihih maap maap. Karna perjalanan menuju Derawan nanti cukup lama jadilah kita makan siang di bandara dulu dan **jedaggg harga2 yang dibilang nampoll sekali man teman, untuk indomie aja mereka patok 20rb per mangkok **hahhhhhhhh

Bandara ke pelabuhan ga begitu jauh, yaaahh baru juga meremm pak. Sampe pelabuhan langsung disambut banyak orang yang antri buat naik atau turun kapal beuhh klo di J***** pasti udah dimanfaatkan sama pihak2 yang ga bertanggung jawab neh. Beruntung speedboat charteran kami udah siap sedia, dan langsung lah 31orang masuk numplek kaya di angkot hahha. Pertamanya emang sangsi bakal muat ga yaa ehh ternyata setelah dicoba, mevet2an sumplek2an muatt juga yihaaaa. Gimana rasanya? hmm jangan ditanya speedboatnya bener2 speeeddddddd sampe yang duduk di samping kiri basah kuyub kecipratan air mulu hihi. Tapi seru, di awal aja kita tereak2an dan antusias, 1 jam terlewati mule cape n tidur, pas bangun tetep masih liat air, perjalanan jadi berasa lamaaaa bangett. oya emg yaa anak kota liat burung camar terbang di atas air lgs antusias, liat ikan terbang lebih2 antusias hihihi lucu jugaa. Kurang lebih 3 jam mulai terlihat daratan yeaaaaa DERAWAN we’re coming. Perahu menepi tepat di samping penginapan ihiyyy, penginapan kita penampakannya kaya cottage di atas air uhuyy kann dan yang lebih bikin sumringah, tepat dibwah penginapan kita itulahh penyu berdiam, dan sesekali muncul ke permukann wuihhh langsung nyeburrr donk yahhh hahahah.

PEmbagian kamar dan unpacking trus siap2 buat jelajah pulau. Oya penginapan kita berAC lhoo hayoo masih mau bilang kemahalan? Jadi tuh penginapan kita emg jauh dari dermaga inti dari pulau derawan tp gpp lah yang penting di atas air dan bisa lgs nyeburr buat main sama om dan tante penyuuu. Pulau derawan itu ternyata kecil dan rumah2 penduduknya pada umumnya rumah panggung dari kayu, tapi banyak juga yang rumah tembok. tempat makan disini banyak tinggal pilih aja, harga bervariasi dri 15-25rb hmm standar pulau lah yaa hayooo yg mau ngiritt ublek ublek pulau aj sampai dapet makanan yang murah hihih. Oya kita mampir bentar dan foto2 di dive resort derawan penampakan sekilas kaya cottage di PULAU AYER (salah satu pulau seribu) cuma bedanya warna laut disini ijo toscaa mannn… puas poto2 n cari makan malam langsung balik ke kamar masing2 dan charge energy buat besok bermain sama bur uburr **ihiyyy . (pssttt ga usah nunggu lama seluruh pesertaaaa jam 9 malam waktu setempatt udah langsung teparrrr hahhaha)

27 Okt

” SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA ” greetings from Derawan 🙂

PAgi itu disaat semua udah bangun dan bersiap-siap untuk sholat ied saya dan temen2 yang ga sholat keliling pulau derawan lagi, cukup berjalan kaki dan tidak memerlukan kendaraan :). karena kemarin sudah explore sisi sebelah kanan sekarang kita ke kiri. Tadinya pesimis ga bakalan ada yang bagus buat diliat, tapi ternyata oh ternyata heheh kita menemukan dive resort tempat bule2 and banyak bendera tiap negara gitu… uhuyyy banget ni poto2 sambil loncat2 and diketawain bule pale yang lagi sarapan haha.

freePuas foto2 balik lagi ke penginapan buat siap2 hoping island dan teman2 yang sholat pun udah selesai smua menjalankan ibadahnya. Pas ditanya kok cepet slsainya? jawaban mereka sama “males ikut ceramahnya” wkwkwk. Setelah siap semua kita berangkat ke spot pertama yaitu MARATUA. perjalanan menuju situ lumayan lama sekitar 2jam dengan kecepatan boat yang alamakkk bikin kita sukses basah kuyub sebelum berenang -__-“. Ternyata Maratua itu hanya pulau yang terdapat satu resort terkenal dan mahal yang dikelola orang jepang. Karena instruktur dive kita harus minta ijin dulu ke empunya biar kita bisa naik ke resort walau cuma numpang poto2 jadilah kita menunggu dibawah sembari poto2 di pasir putih and sebagian snorkling (hahah yang padahal ga ada yang diliat xiixixix)

Setelah diijinin buat naik buru2 deh kita explore resortnya, penampakannya ga jauh beda sama resort di pulau ayer yang pernah saya datangi cuma beda nya yaa air di bawah resort ini ijo tosca mannn keren bangett. Puas poto and narsis2an kita makan siang di resort itu haha bukan makan disediain dari resort yaa tapi kita bawa lunchbox gt hihihi. puas makan-makan trus main air sebentar di bawah resort yang ternyata banyak ikanny. wuihh mantavvv sayang saya ga ikutan nyemplungg blum mood soale 😛

Perjalanan dilanjutkan ke danau Kakaban.Ini lho danau yang terkenal dengan UBUR-UBUR tanpa sengatnya. wuihhh terharu banget akhirnya bisa kesini karna sebelumnya tahun lalu saya pernah bermimpi main2 disitu dan pas tanya harga trip itu mahal2 semua, beruntunglah terealisasikan skrg dengan budget minim booo. Thanks God

jellyfishesSampai Di KAKABAN kita ga langsung menemukan danaunya tapi perlu trekking dalam hutan utk bisa liat danaunya. Jadi tuh letak danaunya di tengah2 pulau, kalau diliat dari pesawat pulaunya kaya cincin atau kue donat gt bolong tengaheee hihi. Kakaban itu danaunya tenang bangett, pas sampe udah rame aj dengan rombongan lain. tanpa ba bi bu lagi kita jg lgs cuss turunn. oya perhatian klo turun ke danau ini dihimbau jangan melompat atau terjun langsung dari dermaga yaaa, diharapkan merosot perlahan dari tempat yang disediakan karna kalau kita langsung loncat kasian ubur2 yang ada di bawah bisa keinjek atau remuk sama kita :(( **poor jellyfish

Saat nyemplung dan liat benda kenyel2 putih ngambang langsung pada hebohh huahh ubur2, awalnya takut kesengat trus nyoba pegang ehh ternyata bener ga menyengat dan rasanya kaya giman gitu heheh kaya pegang nutrijel. FYI ubur2 tanpa sengat ini konon cm ada dua di dunia yaitu di Filipine dan yaa INDONESIA beuhh mantap.. Ubur2 disini ada 4 macam denngan jenis dan bentuk yang berbeda yang saya liat ubur2 standar hihi lupa namanya sama ubur2 yang lebar warna transparan hmm pas difoto kaya kantong plastik gt hihiih. Puas main2 and foto2 bareng temennya spongebob itu kita balik ke derawan, karna memang kebetulan hari mulai senja dan angin kencang udah mau datang.

Sampai penginapan ga langsung mandi atau bersih2 tapi kita langsung loncat lagii ke air buat berburu penyu hihi, dengan bantuan guide diver kita diambilin deh tuh penyu raksasa yang woww gerakannya di laut cepet amadd…. ihhh seneng banget biasa ke penangkaran penyu liat tuh penyu2 cm diemm aja ehh ini liat penyu langsung dilaut dengan habitatnya and bisa beranang bareng mereka **ihiyyy